Membuat Log Aplikasi di FatFree Framework

2018-02-19 15:42:02

Seberapa pentingkah kita memiliki Log Aplikasi? Jika aplikasi anda sudan berjalan di server produksi tentunya kita tidak bisa setiap saat memantau aktifitas aplikasi kita. Kita tidak bisa tau request data apa saja yang diterima, response data apa saja yang sudah dikirimkan, proses apa yang dijalankan oleh aplikasi kita, fungsi mana saja yang dieksekusi, fungsi mana saja yang gagal dieksekusi, kapan dieksekusi, oleh user siapa,  dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan yang bisa muncul. Apalagi jika ada aktifitas diaplikasi kita yang menurut kita tidal normal (errors). Nah informasi dari Log akan menjadi salah satu referensi untuk menyelidiki aktifitas yang tidak normal tersebut. Log file juga bisa dijadikan sebagai alat bukti / evidence di dunia IT Forensic. Log file dapat memberi informasi tentang siapa, jam berapa yang bersangkutan melakukan akses tertentu di dalam aplikasi.

Framework-framework modern pastinya sudah punya mekanisme atau cara untuk memudahkan kita membuat log file ini. Pada tutorial kita kali ini kita akan melihat bagaimana membuat log file di FatFree Framework. FatFree Framework adalah framework yang modular. Untuk menggunakan modul Log ini bisa kita lakukan dengan mudah tanpa konfigurasi yang ribet. Sebagai contoh kita akan membuat aplikasi sederhana untuk mencoba membuat file log tersebut. Saya sarankan anda juga membaca tentang "Pengenalan FatFree Framework" ditulisan saya sebelumnya. 

1.     Pastikan dikomputer anda sudah terinstal PHP dan Composer

2.     Buatlah folder baru dilokasi yang anda inginkan misalnya dengan nama "f3demo"

3.     Buka command line dan arahkan ke folder tersebut, kemudian jalankan perintah composer berikut ini untuk menginstal FatFree Framework

        $ composer require bcosca/fatfree

4.    Tunggu beberapa saat untuk proses download FatFree Frameworknya.

5.    Jika telah selesai, anda akan menemukan file composer.json dan composer.lock serta folder vendor.


6.    Pada lokasi yang sama buatlah file index.php, kemudian tambahkan kode program berikut

Dari potongan kode di atas hanya ada 2 baris untuk membuat log file. Yaitu bagian $logger = new Log('error.log');  bagian ini fungsinya hanya mendeklarasi object $logger dan lokasi/path file lognya, dalam contoh ini file lognya bernama error.log yang lokasinya berada di root aplikasi kita. Fatfree framework akan membuat file ini jika file ini tidak ditemukan. Kemudian potongan kode $logger->write('Hello Word Executed'); ini adalah fungsi untuk menulis log datanya. Kita dapat menuliskan informasi apa saja melalui fungsi write ini. Nah disinilah kita bisa menulis data-data aktifitas aplikasi kita seperti yang dijelaskan di atas. 

Saat anda mengakses aplikasi ini dari browser (http://localhost/f3demo), maka kita akan melihat string "Hello World" di browser dan kita bisa menemukan file error.log di folder aplikasi kita yang isinya kurang lebih seperti gambar berikut ini.

Kita bisa lihat isi log file akan mencatat informasi tersebut setiap kali kita merefresh browser kita. Juga kita bisa melihat kapan log data itu ditulis (waktu).  File log  ini akan sangat membantu untuk bahan referensi kita dalam menganalisa aplikasi saat terjadi masalah dikemudian hari. 

Untuk informasi lebih lengkap mengenai FatFree Framework Loging silahkan refer ke sini